Belajar Excel Pemula : Mengenal Microsoft Excel Workbook dan Worksheet

Konten [Tampil]

 Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah Program Electronic Spreadsheet yang dapat  digunakan untuk mengolah, menghitung, menyediakan maupun menganalisa data-data yang disajikan dalam bentuk tabel atau grafik. Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang banyak digunakan hampir di setiap bidang yang membutuhkan perhitungan matematika secara kompleks. dan merupakan program terbaik di dunia dalam pengolahan data atau angka

Mengenal Workbook dan Worksheet Excel

Di dalam satu File Excel terdiri dari 1 Workbook atau Buku Kerja yaitu sebuah area dimana kita melakukan seluruh aktifitas pekerjaan pada Microsofot Excel. Untuk itu setiap file yang memiliki exstensi File Excel seperti .xlsm, .xlsx, .xlsb dsb, dapat disebut sebagai Workbook. 


Sebuah File Excel atau sebuah Workbook terdiri dari 1 atau beberapa worksheets (Lembar Kerja) Excel yang terdiri dari kolom dan baris. 


Pada Microsoft Excel terbaru, di Dalam sebuah worksheet terdapat 1.048.576 baris dan 16.384 kolom. Kolom ditampilkan dengan tanda huruf A, B, C sampai dengan XFD sedangkan baris  ditampilkan dengan angka 1, 2, 3 dan berakhir sampai 1.048.576 baris. 


Pertemuan antara baris dan kolom disebut sel (cell). Misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif. sedangkan gabungan beberapa sel (cell) disebut juga dengan Range. Untuk lebih memahami lihat kesimpulan berikut ;


Workbook

: Buku Kerja atau File Excel yang terdiri dari kumpulan Lembar Kerja (Worksheets)

Worksheet

: Lembar kerja yang terdiri dari Kolom dan Baris

Sel (Cell)

: Sebuah sel yang merupakan pertemuan antara Kolom (Column) dan Baris (Row)

Range

: Gabungan dari beberapa sel (cell)




x

Cara Memindahkan Sel dengan Mouse Atau Keyboard

Untuk memindahkan, memilih sel atau range dapat menggunakan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan, memilih  sel atau atau range dengan mengarahkan pointer ke salah satu sel. Atau dengan drag range yang di inginkan. Sedangkan dengan menggunakan keyboard langkah yang dengan cara berikut  :  


Membuka Workbook Baru 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 
  • Pilih menu File – New (Ctrl+N) atau klik icon lembar kosong pojok kiri atas pada toolbar. 
  • Jika ingin membuka workbook yang telah disusun dengan format tertentu bisa menggunakan Template yang tersediah bisa pilih More Template


  • Pilih format yang diinginkan dengan mengklik pada Blank Workbook atau workbook template pada tampilan Preview. 

Menyimpan Buku Kerja (Workbook) 

  • Pilih menu FileSave (Ctrl+S) 
  • Pada kotak dialog Save atau Save As, Pilih Browse untuk menetukan tempat yang dipakai untuk menyimpan. dalam dirive komputer
  • Pada kotak isian, ketikkan nama file 
  • Klik  Save 

Demikian mengenal workbook dan worksheet di Microsoft Excel terbaru

0 comments:

Posting Komentar